Ular King Kobra Dipuja Sebagai Dewa, Ini Fakta Uniknya

"Simak fakta unik berikut ini!"

Edukasi | 06 February 2023, 05:30
Ular King Kobra Dipuja Sebagai Dewa, Ini Fakta Uniknya

TamanPendidikan.com - Dikenal sebagai ular berbisa dan mematikan, king kobra dipandang berbeda di beberapa wilayah negara. Di India, ular king kobra dianggap sebagai dewa oleh beberapa masyarakat tradisional.

Pada tradisi ini, ular raja dianggap sebagai simbol kekuatan dan keberanian, dan seringkali dikaitkan dengan dewa ular dalam mitologi Hindu, Naga.

Di Thailand Selatan, ketika kita menjumpai king kobra maka akan dianggap sebagai pertanda yang baik. Ular yang datang ke rumah dianggap sebagai berkah.

Mereka sangat percaya bahwa ular adalah manifestasi makhluk gaib yang dipercaya memiliki kekuatan magis. Ular dianggap bisa memberikan kekayaan dan kesehatan pada manusia.

Mereka, masyarakat di Thailand Selatan bahkan mendirikan tempat pemujaan khusus dengan meletakkan patung ular dan persembahan.

Selain di Thailand, India adalah negara yang beberapa masyarakatnya melakukan penyembahan terhadap ular. Karena ular dianggap memiliki hubungan dengan Dewa Siwa oleh sebab itu mereka berdoa kepada Tuhan untuk melindungi mereka dari ular.

Di India ada tanggal khusus mereka melakukan pemujaan terhadap ular yang disebut dengan, Naam Panchami. Menurut kalender Hindu diadakan pada hari kelima Shukal Paksh yaitu Periode Lunar selama bulan Shravan.

King kobra diangga sebagai dewa dan kekuatan untuk masyarakat di Thailand dan India, berikut adalah fakta-fakta menarik king kobra yang dianggap sebagai dewa.

Fakta Unik King Kobra Dianggap Sebagai Dewa

TamanPendidikan.com

Pexels.com

Ada beberapa fakta menarik ketika ular king kobra yang mayoritas ditakuti oleh manusia karena berbahaya dan dapat mengakibatkan kematian, justru di beberapa wilayah tertentu ular ini dianggap sebagai dewa.

King kobra dikultuskan sebagai dewa ular oleh beberapa masyarakat tradisional di India. King kobra dianggap sebagai simbol kekuatan dan keberanian dalam tradisi ini.

Selain itu, king kobra sering dikaitkan dengan dewa ular dalam mitologi Hindu, Naga. Dalam beberapa tradisi, king kobra dipuja sebagai dewa yang melindungi pertanian dan mengusir roh jahat.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network