Jelaskan Pengertian Wilayah, Ketahui Jenis, Contoh serta Pembagiannya

"Perhatikan ulasannya berikut ini!"

Secara umum, wilayah dapat didefinisikan sebagai ruang yang merupakan kesatuan geografis beserta keterhubungan unsur yang terkait yang batasnya dan sistemnya ditentukan berdasarkan aspek administratif dan/atau aspek fungsional.

Menurut Immanuel Kant wilayah adalah suatu ruang di permukaan bumi yang memiliki spesifikasi dan dalam aspek tertentu yang membedakan antara dua titik dalam sebuah garis lurus.

Sejalan dengan itu, Bintarto dan Hadisumarno berpendapat wilayah adalah bagian dari permukaan bumi yang dapat dibedakan dalam hal-hal tertentu dari daerah sekitarnya.

Banyak hal menarik yang perlu dibahas tentang wilayah. Baik dari sisi pembagian wilayah, jenis-jenisnya, dan apa saja contohnya. Mari simak penjelasannya berikut ini.

Wilayah Menurut Para Ahli

R.E. Dickinson

 Wilayah adalah gabungan atau sejumlah kelompok kondisi fisik. Dimana kelompok-kelompok tersebut kemungkinan mampu menciptakan model ekonomi tertentu.

Fanneman

 Wilayah adalah daerah dengan ciri khas gambaran permukaan serupa. Gambaran ini memiliki perbedaan di sekitar tempat daerah tersebut berada.

AJ Hertson

 Wilayah adalah kesatuan yang kompleks dari berbagai unsur cakupan bumi seperti udara, udara, makhluk hidup, dsb. Dimana seluruh elemen saling berhubungan membentuk ciri khas di permukaan bumi yang didiami.

Taylor

 Wilayah adalah area yang memiliki sifat seragam didalamnya berbeda dari daerah lain. Sifat-sifat ini bisa dilihat melalui gambaran sesuai dengan perbedaan masing-masing.

Vidal de La Blache

 Wilayah adalah suatu tempat dimana didalamnya berisikan hal tidak sama. Namun saling menyelaraskan satu sama lain supaya menghadirkan kebersamaan.

Bagian Wilayah

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut adalah pembagian dari wilayah yang harus kita pahami, antara lain adalah:

1. Natural Region

Natural Region merupakan pembagian wilayah yang digambarkan sebagai kenampakan fisik seperti hutan serta lahan pertanian.

2. Single Feature Region

Single feature region merupakan pembagian wilayah yang dibatasi oleh satu gambaran, misalnya keadaan iklim di suatu area.

3. Generic Region

Generic Region merupakan pembagian wilayah yang memiliki dasar jenis tertentu dalam suatu area, contohnya anggrek pada hutan tropis.

4. Daerah Khusus Daerah tertentu

merupakan pembagian wilayah dengan karakteristik unik dari segi adat, lokasi, budaya, dan penduduk yang mendiami daerah tersebut.

4. Wilayah Analisis Faktor

Factor analysis region merupakan pembagian wilayah dengan cara penentuan suatu daerah atau area yang menggunakan metode statistik analitik maupun deskriptif dengan tujuan khusus (cenderung produktif).

Jenis-jenis Wilayah

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ada dua jenis dari wilayah, yakni formal dan fungsional. Berikut adalah penjelasannya:

1. Wilayah Formal

Wilayah formal adalah sebagian besar permukaan bumi atau wilayah geografis yang memiliki kesegaraman kriteria tertentu.


2. Wilayah Fungsional

Wilayah fungsional adalah wilayah yang terbentuk karena diatur oleh beberapa pusat kegiatan kemudian dihubungkan dengan garis melingkar.

Contoh Wilayah

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Simak beberapa contoh dari wilayah, baik formal atau pun fungsional di bawah ini:

1. Wilayah Formal

Contoh wilayah formal

a. Wilayah formal berdasarkan kenampakan fisik

Contoh: wilayah pegunungan, dataran rendah, atau dataran tinggi.

b. Wilayah formal berdasarkan kenampakan iklim

Contoh: wilayah beriklim tropis, subtropis, dan sebagainya.

c. Wilayah formal berdasarkan kenampakan vegetasi atau penggunaan lahannya

Contoh: wilayah perkebunan, pertanian, pertambangan, dan sebagainya.

2. Wilayah Fungsional

Salah satu contoh bentuk wilayah fungsional adalah wilayah Jabodetabek. Di kota metropolitan DKI Jakarta mendukung perkembangan wilayah di sekitarnya baik jalur ekonomi, transportasi, bisnis, serta komunikasi.

Contoh lainnya seperti di kota Bogor, Depok, Tangerang, serta Bekasi merupakan wilayah fungsional karena perkembangan kota Jakarta.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network