Jelaskan Pengertian Karya Seni Tiga Dimensi, Berikut Jenis, Unsur, dan Teknik Pembuatannya

"Ketahui Lebih Dalam Tentang Karya Seni Tiga Dimensi."

Pengertian karya seni tiga dimensi adalah seni yang dibatasi dengan tiga sisi yaitu sisi panjang, lebar dan tinggi atau dalam pengertiannya yaitu karya seni yang bervolume dan memiliki ruang.

Singkatnya, unsur ruang menjadi ciri pembeda antara karya seni 2 dimensi dengan karya seni 3 dimensi. Objek karya seni 3 dimensi ini dapat dilihat dari berbagai sisi. Unsur-unsur yang ada di dalam seni rupa tiga dimensi:

1. Mempunyai panjang, lebar, tinggi
2. Memiliki ruang.
3. Bisa dilihat dari segala sudut pandang.

Jenis Karya Seni 3 Dimensi

Pembuatan karya seni 3 dimensi terbagi menjadi dua bagian, berdasarkan fungsi dan tujuan seni rupa tersebut yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Berikut penjelasannya:

1. Seni Rupa Murni
Merupakan karya seni yang tercipta bebas dengan fungsi yang lebih mengutamakan keindahan dari pada fungsional, sebagai kepuasan pandangan mata saja dan biasanya sering digunakan hanya sebagai pajangan atau hiasan.
TamanPendidikan.com

Contoh Karya Seni Murni

2. Seni Rupa Terapan
Merupakan karya seni yang tidak hanya sebagai pajangan rumah saja, tapi juga berfungsi untuk membantu memenuhi kebututuhan hidupan manusia. Seni rupa terapan lebih mengutamakan nilai kegunaan dibandingkan keindahannya, namun tetap masih harus memperhatikan nilai estetisnya.
TamanPendidikan.com

Contoh Karya Seni Terapan

Unsur Karya Seni 3 Dimensi

Karya seni 3 dimensi mempunyai unsur yang membentuk satu kesatuan sehingga dapat memperindah atau mempercantik pada karya seni. Berikut ini unsur-unsur yang membentuk karya seni tiga dimensi:

1. Titik

Titik merupakan unsur karya seni rupa yang paling dasar dan kecil. Titik seperti sebuah bintik dalam seni rupa.

Dengan sebuah titik, seseorang bisa mendapatkan ide baru dalam berkarya seperti membuat garis dan bidang. Selain itu titik mempunyai pusat perhatian tersendiri, atau warna yang mencolok .

2. Garis

Garis merupakan goresan atau batas suatu benda, ruang, bidang, warna, tekstur dan sebagainya. Garis mempunyai dimensi yang cenderung memanjang dan mempunyai arah tertentu.

Gari juga memiliki beberapa sifat seperti panjang, pendek, horizontal, vertikal, tipis, lurus, berombak, melengkung, tebal, patah-patah, miring, halus dan lain-lain. Selain itu garis juga mempunyai berbagai bentuk seperti garis mendatar, tegak, miring, lengkung, bersilang, sejajar, zig zag, spiral dan gelombang.

Penggunaan garis dalam sebuah gambar juga memiliki kesan tertentu. Garis lurus mempunyai kesan keras, garis patah-patah berkesan kaku.

3. Bidang

Salah satu karya seni rupa yang dibentuk atau terbentuk dari hubungan beberapa garis disebut bidang. Bidang memiliki dimensi panjang, lebar atau bisa disebut juga pipih. Sedangkan bentuk memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi.

Oleh sebab itu bentuk mempunyai isi atau volume. Berdasarkan bentuknya, bidang memiliki beberapa macam seperti geometris, simetris, asimetris, organis dan lain sebagainya.

4. Bentuk

Bentuk bisa diartikan sebagai bangun atau plastis. Bangun mempunyai bentuk yang polos, sedangkan plastits bukan hanya dilihat dari bentuknya saja, melainkan ada nilai dan maknanya sepeti contohnya lemari. Lemari bukan hanya sebuah benda tetapi memiliki kegunaan untuk menyimpan pakaian.

5. Tekstur

Tekstur adalah sifat permukaan sebuah benda seperti kasar, halus, berpori, licin, mengkilap, dan bisa dirasakan lewat indra mata dan peraba. Berdasarkan jenisnya tekstur terbagi menjadi dua macam yaitu tekstur nyata dan semu.

Tekstur nyata mempunyai nilai dan kandungan yang sama dengan pengelihatan serta perabaan. Tekstur semu tidak mempunyai nilai dan kandungan yang sama dengan pengelihatan serta perabaan.

Teknik Karya Seni 3 Dimensi

Daerah-daerah di Indonesia memiliki bahan dan media yang bermacam-macam dalam teknik membuat karya seni 3 dimensi, semua berdasarkan lingkungan daerah tersebut.

Berikut ini adalah teknik-teknik yang biasa digunakan dalam pembuatan karya seni 3 dimensi:

a. Teknik Aplikasi
Merupakan sebuah karya hias yang digunakan dalam seni menjahit dengan cara menempelkan bermacam-macam kain yang sudah di gunting seperti motif bunga, bintang, boneka dan bentuk lainnya di sebuah kain sebagai hiasan untuk mempercantiknya.

b. Teknik Mozaik
Adalah seni menciptakan gambar dengan menyusun kepingankepingan kecil berwarna dari kaca, batu, atau bahan lain yang bisa digunakan untuk menjadi Mozaik. Seni ini merupakan sebuah teknik dalam seni dekorasi dan juga merupakan aspek dari dekorasi interior.

c. Teknik Merakit
Merupakan sebuah karya seni dengan cara menyambungkan beberapa potongan bahan-bahan. Cara ini bisa disebut dengan merakit, dan rakitan adalah hasil karyanya.

d. Teknik Pahat
Merupakan teknik yang membuat karya seni dengan membuang bahan-bahan yang tidak digunakan. Biasa dibuat menggunakan alat martil, pahat, kikir dan sebagainya.

e. Teknik Cor/Menuang
Merupakan karya seni yang dilakukan dengan cara menuang bahan cair ke sebuah alat cetakkan. Bahan cair yang biasa digunakan terbuat dari semen, karet, logam dan sebagainya.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network