Jelaskan Pengertian Senam Ritmik, Ketahui Alat, Kelebihan, serta Manfaatnya

"Simak ulasannya berikut ini!"

Secara umum, definisi senam ritmik salah satu cabang olahraga senam artistik yang dibarengi dengan musik atau nyanyian sesuai irama yang mengikutinya.

Senam ritmik adalah jenis senam yang memiliki bermacam-macam gerakan dan dilakukan seirama dengan musik yang mengiringinya.

Sederhananya, senam ritmik adalah salah satu jenis senam yang dilakukan dengan mengikuti irama musik, nyanyian, atau ketukan dengan mengutamakan keselarasan gerak.

Agar lebih paham mengenai senam ritmik, berikut perhatikan ulasan tentang apa saja alat yang digunakan, apa kelebihan dari senam ritmik, serta manfaat bagi mereka yang melakukannya.

Pengertian Senam Ritmik Menurut Para Ahli

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Madijono

Senam ritmik adalah bentuk latihan jasmani yang dilakukan dengan gerakan fisik yang teratur, sistematis dan terencana sehingga dapat memperoleh manfaat yang baik untuk tubuh.

Heather C. Palmer

Senam ritmik merupakan olahraga yang membawa kesenangan serta  kegembiraan dalam bergerak dan memakai  irama musik.

Sukarma

Senam ritmik adalah gerakan senam yang di lakukan dalam irama musik, atau latihan bebas yang di lakukan secara berirama.

Peter H. Werner

Senam ritmik adalah bentuk latihan tubuh menggunakan lantai dan alat yang sudah dirancang untuk meningkatkan kelincahan, daya tahan tubuh, kontrol diri, kekuatan, koordinasi dan kelenturan tubuh.

Margono

Senam ritmik adalah latihan gerakan tubuh yang diciptakan secara terencana, telah disusun dan dipilih secara sistematis sehingga dapat mengembangkan dan membentuk pribadi yang harmonis.

Alat Senam Ritmik

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikt lima jenis alat yang dapat digunakan untuk melakukan senam ritmik, antara lain adalah:

1. Senam ritmik dengan pita

Pita yang dipakai berasal dari bahan yang halus seperti kain satin. Gerakan senam dengan tongkat pita ini seperti mengayun, berbelit-belit seperti ular, membentuk angka 8, spiral, serta berbagai macam lemparan.

2. Senam ritmik dengan alat simpai

Simpai ini boleh dibuat dari bambu, kayu ataupun plastik. Gerakan yang biasa dilakukan dengan simpai yaitu dengan bergerak sambil memegang simpai memakai satu atau dua tangan. Simpai kemudian bisa dilemparkan, digelindingkan, atau digerakkan sesuai teknik lainnya.

3. Senam ritmik dengan bola

Bola yang dipakai adalah berukuran sedang, tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Gerakan memakai bola diantaranya adalah dengan melempar bola ke atas dan menangkapnya kembali, atau bisa dengan menggelindingkan bola ke arah pesenam.

4. Senam ritmik dengan alat gada

Gada ini umumnya terbuat dari kayu ataupun plastik. Gerakan dengan alat gada pada jenis senam ini antara lain yaitu mengayun, melempar dan menangkap, memutar, memukul, dan gerakan lainnya.

5. Senam ritmik dengan alat tali

Tali yang dipakai merupakan tali dengan bahan halus. Panjangnya bisa disesuaikan dengan tinggi badan pesenam. Tali yang digunakan dimainkan dengan cara apapun, asalkan dikuasai penuh oleh pesenam.

Kelebihan Senam Ritmik

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut adalah beberapa kelebihan dari senam ritmik yang harus kita tahu, antara lain adalah:

1. Murah dan sederhana.
2. Tidak memerlukan waktu lama untuk melakukannya.
3. Melibatkan gerak seluruh tubuh.
4. Gerakannya tidak terlalu sulit.
5. Sangat menyenangkan bagi anak.
6. Tidak memerlukan instruktur khusus.

Manfaat Senam Ritmik

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Selain memiliki kelebihan, senam ritmik juga memiliki beberapa manfaat bagi mereka yang melakukannya. Di antara manfaat tersebut adalah:

1. Membangun kekuatan dan kelenturantubuh.
2. Menjaga kesehatan tulang.
3. Mencegah serangan penyakit.
4. Dapat menambah konsentrasi pada anak.
5. Meningkatkan fungsi dan kemampuan kognitif.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network