Jelaskan Pengertian Sistem Pembayaran, Pahami Prinsip, Jenis, Komponen, serta Manfaatnya

"Simak penjelasan tentang sistem pembayaran berikut ini!"

Definisi sistem pembayaran adalah sistem yang mencakup seperangkat aturan, lembaga, dan mekanisme yang dipakai untuk melaksanakan pemindahan dana, guna memenuhi suatu kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi.

Bersamaan dengan lahirnya konsep uang sistem pembayaran juga mulai hadir sebagai media pertukaran (medium of change) atau intermediary dalam transaksi barang, jasa dan keuangan.

Sistem pembayaran pada prinsipnya memiliki 3 tahap pemrosesan yaitu otorisasi, kliring, dan penyelesaian akhir (settlement).

Agar memahami lebih dalam tentang sistem pembayaran, maka simaklah beberapa penjelasan singkat di bawah ini untuk menambah pengetahuan.

Prinsip Sistem Pembayaran

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Simak beberapa prinsip yang digunakan dalam sistem pembayaran di bawah ini, yaitu:

1. Aman

Keamanan dalam sistem pembayaran yang akan dikelola dan juga dimitigasi lebih baik, baik secara risiko kredit, fraud, dan likuiditas.

2. Efisien

Efisien dalam sistem pembayaran lebih menekankan pada tingkat pelaksanaan payment system yang harus bisa dilakukan secara lebih luas.

3. Kesetaraan Akses

Bank Indonesia tidak menginginkan adanya kegiatan praktik monopoli dalam kegiatan sistem pembayaran, karena hal ini nantinya akan menghambat pengguna lain untuk ikut serta.

4. Perlindungan Konsumen

Sistem pembayaran harus bisa dijaga dengan baik dalam hal menjaga jumlah uang tunai yang beredar ataupun kondisinya yang memang masih layak edar.

Jenis Sistem Pembayaran

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ada beberapa jenis dari sistem pembayaran yang pelu dipahami. Berikut adalah beberapa jenis dari sistem pembayaran beserta penjelasannya, antara lain:

1. Sistem Pembayaran Tunai

Sistem pembayaran tunai merupakan sistem yang menggunakan alat pembayaran tunai seperti uang.

2. Sistem Pembayaran Non Tunai

Sistem pembayaran non tunai adalah sistem pembayaran yang bisa berbentuk kartu atau pun aplikasi yang menghadirkan scanning barcode.

Komponen Sistem Pembayaran

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut adalah beberapa komponen dari sistem pembayaran, antara lain adalah:

1. Regulator

Regulator adalah pihak yang memiliki wewenang mengatur kebijakan, aturan main, dan juga ketentuan yang bersifat mengikat semua komponen dalam payment system.

2. Penyelenggara

Penyelenggara adalah lembaga yang bertugas memastikan bagaimana cara menyelesaikan seluruh aktivitas transaksi hingga akhir.

3. Infrastruktur

Infrastruktur adalah istilah ini mengacu pada seluruh bentuk sarana fisik yang mendukung operasional payment system.

4. Instrumen

Instrumen adalah alat pembayaran, baik tunai atau nontunai yang telah disepakati para pengguna payment system dalam melakukan transaksi.

5. Pengguna

Pengguna adalah pihak ini juga disebut sebagai konsumen atau customer yang menggunakan payment sistem secara berkala.

6. Saluran Pembayaran

Aluran Pembayaran adalah komponen ini meliputi beberapa alat, seperti mobile banking, teller input, internet banking, mesin AT, phone banking, dan Electronic Data Capturing atau EDC.

7. Sistem Transfer Dana

Sistem Transfer Dana adalah keberadaan sistem transfer dana memungkinkan terjadinya proses pemindahan uang atau alat pembayaran dari satu rekening bank ke rekening bank lain.

Manfaat Sistem Pembayaran

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ada beberapa manfaat yang dapat kita pahami tentang sistem pembayaran, antara lain adalah:

1. Sebagai alat tukar.
2. Sebagai satuan hitung karena memiliki nilai.
3. Sebagai alat penyimpanan nilai.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network