Jelaskan Pengertian Sedekah, Berikut Hukum, Macam, Manfaat, Keutamaan, dan Cara Istiqomah Bersedekah

"Ayo Bersedekah!"

Sedekah berasal dari kata bahasa Arab yaitu صدقة yang berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seorang kepada orang lain secara spontan dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.

Sedekah berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seseorang sebagai kebajikan yang mengharap ridho Allah SWT dan pahala semata. Sedekah secara bahasa berasal dari huruf ق, د, ص serta dari unsur al-S}idq yang berarti benar atau jujur, artinya sedekah adalah membenarkan sesuatu.

Sedekah menunjukkan kebenaran penghambaan seseorang kepada Allah SWT. 28 Sedekah tidak terbatas pada hal bersifat materi saja akan tetapi juga pada hal yang bersifat non materi seperti yang dijelaskan pada sabda Nabi SAW “setiap ruas yang aktif dari kamu itu harus disedekahi.

Maka setiap tasbih itu nilainya sedekah, setiap tahmid sedekah, setiap tahlil itu sedekah, setiap takbir itu sedekah dan amar makruf nahi munkar itu juga sedekah.

Dasar Hukum Sedekah

Sedekah hukumnya sunah dengan dalil ayat Al-Qur’an dan hadits, yaitu mustahab (dianjurkan) menyerahkan dengan cara dirahasiakan, boleh diumumkan asal tidak disertai dengan riya’ atau yang sejenisnya yang akan merusak nilai sedekah.

Satu-satunya boleh mengumumkan sedekah adalah untuk tahadduts binni’mah (motivasi, inspirasi) bagi orang lain.

Adapun dalil tentang Sedekah dalam Al-qur,an, “Maka ketika mereka masuk ke (tempat) Yusuf, mereka berkata: “Hai al Aziz, Kami dan keluarga kami telah ditimpa kesengsaraan dan Kami datang membawa barang-barang yang tak berharga, maka sempurnakanlah sukatan untuk Kami, dan bershadaqahlah kepada Kami, sesungguhnya Allah memberi balasan kepada orang-orang yang bershadaqah”.

Macam-Macam Sedekah

1. Sedekah Materi

Sedekah dapat dilakukan dalam bentuk materi. Macam-macam sedekah dalam bentuk materi adalah sebagai berikut:

a. Uang

Bersedekah dengan uang memang sering sekali dilakukan. Tidak perlu dalam jumlah yang banyak, sedekah dengan uang dapat dilakukan dalam jumlah berapapun.

Dalam sekolah-sekolah, para siswa diajarkan untuk bersedekah. Seperti setiap hari jumat, sekolah akan meminta uang amal kepada para siswanya. Hal ini adalah salah satu bentuk dari sedekah.

Selain itu, sedekah uang juga dapat dilakukan ketika sedang beribadah di masjid. Memasukkan uang ke dalam kotak amal adalah bagian dari sedekah dalam bentuk uang.

b. Makanan

Sedekah makanan ini adalah sedekah yang juga lumayan sering dilakukan. Selain itu, sedekah dengan makanan juga hal yang tidak sulit.

Tidak hanya memberikan sedekah pada orang-orang yang jauh di luar sana, tetapi sedekah dalam bentuk makanan juga bisa dilakukan di lingkungan sekitar. Pada para tetangga-tetangga terdekat.

Contohnya seperti ketika kamu mendapati tetangga kamu kurang beruntung dalam hal ekonomi. Tidak harus memberikan ia bantuan berupa uang. Kamu bisa memberikan sebagian makanan yang kamu punya. Hal itu tentu akan sangat membantu mereka.

c. Barang

Sedekah materi selanjutnya bisa dilakukan dengan memberikan barang-barang. Asalkan barang yang hendak disedekahkan masih layak pakai bisa disedekahkan. Seperti baju, sepatu, bahkan alat-alat elektronik.

Seragam sekolah yang sudah tidak terpakai, kemudian diberikan kepada seseorang yang membutuhkan adalah contoh dari bersedekah dengan memberikan barang.

2. Sedekah Non Materi

Selain bersedekah dengan materi, sedekah juga bisa dilakukan dalam bentuk non materi. Seperti memberikan ilmu yang dimiliki, tenaga, bahkan hanya dengan sebuah senyuman.

a. Ilmu

Memberikan ilmu yang kita miliki adalah salah satu bentuk sedekah. Bahkan ini termasuk ke dalam sedekah jariyah.

Artinya bahwa kamu akan selalu mendapatkan pahala dari ilmu yang sudah kamu sampaikan pada orang lain. Bahkan ketika kamu sudah meninggal, pahala dari ilmu itu tetap akan mengalir.

b. Tenaga

Jika kamu mengeluarkan tenaga untuk membantu orang lain, itu hal tersebut termasuk kegiatan sedekah. Contohnya seperti tetangga yang sedang renovasi rumah. Kemudian kamu ikut membantunya.

Maka secara tidak langsung kamu sudah bersedekah. Selain membantu meringankan pekerjaan tetangga, kamu juga sudah sedekah tenaga.

Hal lain yang termasuk ke dalam sedekah tenaga adalah menolong orang lain. Contohnya ketika seorang nenek yang membutuhkan bantuan untuk membawa belanjaan atau ingin menyebrang.

c. Senyum

Rasulullah SAW pernah mengatakan, bahwa ketika kita tersenyum, maka kita memberikan sedekah kepada orang lain. Perkataan Rasulullah SAW tersebut berada dalam HR Tirmidzi dan Abu Dzar.

Ketika kamu tersenyum, kamu akan memancarkan segala energi positif. Sehingga orang yang menerima senyum akan mendapatkan energi positif yang kamu pancarkan pula.

Tidak hanya melakukan sedekah, kamu juga dapat memberikan kebahagian kepada seseorang melalui senyuman. Meskipun terbilang sederhana dan mudah dilakukan, tetapi banyak manfaat dari tersenyum yang bisa didapatkan.

Manfaat Sedekah

Pada dasarnya ada tiga pihak yang mendapatkan manfaat dari sedekah. Pertama, orang yang mengeluarkan sedekah. Kedua, orang yang mendapatkan sedekah. Ketiga, masyarakat yang ada disekitar orang yang bersedekah.

a) Manfaat Sedekah Bagi Orang Yang Mengeluarkannya

1. Sebagai kesempurnaan iman dan Islam

Islam adalah agama yang membawa rahmat bagi alam semesta. Karena itu, Islam bukan hanya mengajarkan bagaimana seorang muslim itu berhubungan dengan tuhannya, akan tetapi Islam juga mengajarkan bagaimana seorang muslim itu berhubungan baik dengan keluarganya, tetangganya dan masyarakatnya.

Rasa empati sosial dalam ajaran Islam bukan hanya dalam wacana-wacana kosong yang tanpa aplikasi.

2. Tanda berprasangka baik kepada Allah

Orang yang mau mengeluarkan sebagian rizki untuk disedekahkan kepada orang lain berarti dalam dirinya ada rasa berbaik sangka kepada Allah.

Ada keyakinan didalam dirinya bahwa Allah akan mengganti sedekah yang dikeluarkannya tersebut dengan sesuatu yang lebih baik. Berbeda dengan orang pelit yang menganggap pintu rizki itu hanya kerja keras dan kikir terhadap orang lain.

Mereka tidak yakin jika mereka mengeluarkan sedekah niscaya Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik.

4. Sebab memperoleh cinta Allah dan cinta sesama Manusia

Salah satu langkah untuk mendapatkan cinta dan kasih sayang Allah adalah dengan cara mengasihi sesama manusia, dan salah satu cara mengasihi sesama manusia adalah dengan bersedekah kepada mereka.

Perbuatan cinta dan kasih sayang kepada sesama manusia bisa menjadikan sebab seseorang dicintai oleh Allah. Rasulullah bersabda, “tidak termasuk golongan kami orang yang tidak menghormati orang yang lebih tua dari kami dan tidak menyayangi orang yang lebih muda daripada kami”.

Dalam hadis lain disebutkan, “kasihilah yang ada diatas bumi niscaya yang ada diatas langit akan mengasihimu”.

b) Manfaat Sedekah Bagi Orang Yang Menerima

1. Manfaat lahir

Secara lahir orang yang menerima sedekah akan dicukupkan kebutuhannya dan diringankan beban kesulitan hidupnya. Perut yang tadinya merasa lapar bisa menjadi kenyang karena ada orang yang memberinya sedekah. Sedekah yang bisa dimanfaatkan dengan produktif bisa mengurangi pengangguran.

2. Manfaat batin

Selain manfaat lahir, orang yang mendapatkan sedekah juga mendapatkan manfaat batin, mereka akan merasa terbantu dan akan tumbuh dalam dirinya betapa orang lain memperhatikan dan membantu dirinya.

Sedekah yang mereka terima bisa menjadi bukti bahwa mereka tidak menghadapi segala persoalan ini sendirian, namun masih banyak saudaranya yang mau berbagi beban derita. Dorongan psikologis ini sangat diperlukan bagi setiap orang.

c) Manfaat Sedekah Bagi Sosial Masyarakat

1. Terciptanya lapangan kerja

Di masyarakat sebenarnya banyak orang yang produktif. Yang menjadi kendala mereka hanyalah permodalan. Problem permodalan sebenarnya dapat teratasi jika kesadaran orang untuk bersedekah itu tinggi.

Jika seorang milyarder dan jutawan mau konsisten menyedekahkan hartanya bagi orang yang membutuhkan, niscaya pengangguran bisa dikurangi.

2. Mengurangi angka kriminal

Salah satu sebab seseorang melakukan perbuatan-perbuatan kriminal adalah karena kemiskinan, karena perut lapar dan tidak ada yang dimakan, maka orang melakukan perbuatan jahat seperti mencuri, merampok dan sebagainya.

Awalnya hanya sekedar untuk mengganjal perut tapi lambat laun bisa menjadi profesi yang sulit untuk ditinggalkan.

3. Memperkuat tali ikatan keluarga dan masyarakat

Kaya dan miskin adalah sunnatullah yang tidak bisa dirubah lagi. Perbedaan itu diciptakan oleh Allah untuk menguji apakah orang kaya mau bersyukur dan orang miskin mau bersabar tau tidak.

Apabila dalam masyarakat orang yang kaya mau mensyukuri nikmat yang salah satunya adalah dengan bersedekah maka akan tercipta hubungan harmonis dalam masyarakat tersebut.

Cara Istiqomah Bersedekah

Cara-cara berikut ini adalah cara yang bisa kamu coba untuk istiqomah supaya rutin melakukan ibadah sedekah.

• Selalu niat untuk melakukan sedekah
• Mengingat bahwa jika kita bersedekah, maka harta yang kita miliki tidak akan berkurang. Justru Allah SWT akan melipatgandakannya.
• Memulai dengan hal biasa atau angka yang kecil dalam bersedekah bukanlah hal yang salah.
• Berusaha untuk selalu ikhlas setelah bersedekah.
• Yakin dan percaya, bersedekah akan membuka pintu rezeki dengan lebar.
• Berusaha untuk menyisihkan uang untuk bersedekah.
• Mulai bersedekah dari orang-orang terdekat terlebih dahulu, seperti para tetangga.
• Selalu mengingat orang yang berada dibawah kita.
• Bersyukur


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network