Jelaskan Pengertian Ras, Berikut Ciri, Macam, dan Wilayah Penyebarannya

"Apa itu Ras? Simak penjelasannya berikut ini"

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memaparkan bahwa pengertian ras adalah golongan bangsa berdasarkan ciri-ciri fisik atau rumpun bangsa.

Menurut Bruce J. Cohen ras merupakan kategori individu yang secara turun temurun memiliki ciri-ciri fisik dan biologis tertentu yang sama.

Hortun dan Hunt menjabarkan ras adalah suatu kelompok manusia yang agak berbeda dengan kelompok-kelompok lainnya dari segi ciri-ciri fisik bawaan. Disamping itu banyak juga ditentukan oleh pengertian yang digunakan oleh masyarakat.

Menurut Giss dan Gilbert ras yaitu kelompok orang yang dapat dibedakan berdasarkan ciri-ciri fisik yang diperoleh melewati prosedur reproduksi.

Menurut Alex Thio Menurut Alex Thio ras ialah sekelompok orang yang dianggap oleh masyarakat memiliki ciri-ciri biologis yang berbeda.

Ada dua ciri ras yang perlu kita pahami. Ciri ras yang pertama adalah  dari segi kualitas biasanya merujuk pada warna kulit, bentuk rambut, bentuk lipatan mata, dan bentuk bibir. Sedangkan ciri ras berikutnya adalah dari segi kuantitas seperti bentuk badan, berat badan, dan indeks kepala.

Macam-macam Ras di Indonesia

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ada beberapa macam ras di Indonesia yang perlu kita ketahui, antara lain:

1. Ras Asiatic-Mongoloid

Ras ini biasanya adalah kaum pendatang di kota-kota besar. Penduduk yang termasuk ras ini antara lain China, Jepang, dan Korea. Ciri-ciri ras ini antara lain warna kulit kuning, mata sipit, bibir tipis, rambut hitam dan cenderung lurus, tinggi badan rata-rata 155-165 cm.

2.  Ras Kaukasoid

Sama seperti ras Asiatic-Mongoloid, ras ini juga merupakan kaum pendatang yang umumnya tinggal di kota-kota besar. Namun, mereka datang dari wilayah atau penduduk India, Timur Tengah, Australia, Eropa, dan Amerika.

Ciri-ciri ras ini antara lain warna kulit orang India agak kuning, sedangkan orang Timur Tengah, Australia, Eropa, dan Amerika adalah putih, rambut hitam atau pirang, idung mancung, bibir tipis, tinggi badan rata-rata 165-180 cm.

3. Ras Malayan Mongoloid

Ras ini berada di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, dan Sulawesi. Ciri-ciri ras ini antara lain warna kulit sawo matang, mata hitam, rambut hitam lurus dan berombak, hidung dan bibir tebal, tinggi badan rata-rata 150-165 cm.

4. Ras Melanesoid

Ras ini berada di wilayah Irian Jaya (Papua), Maluku, dan Nusa Tenggara Timur. Ciri-ciri ras ini antara lain, warna kulit hitam, rambut hitam dan kering, bibir agak tebal, badan tegap, hidung lebar cenderung pesek, tinggi badan rata-rata 160-170 cm.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network