Jelaskan Pengertian Sujud Tilawah, Berikut Bacaan, Rukun, dan Tata Caranya

"Perhatikan ulasan tentang sujud tilawah berikut ini!"

Sujud tilawah adalah gerakan sujud yang dilakukan saat membaca ayat-ayat sajadah yang ada di dalam Alquran.

Sedangkan ayat sajadah sendiri merupakan ayat-ayat di dalam Alquran yang ketika dibaca disunnahkan bagi pembacanya atau yang mendengarkan melakukan gerakan sujud tilawah.

Secara detail bahwa sujud tilawah merupakan sujud yang dikerjakan karena membaca atau mendengar bacaan ayat-ayat sajdah di dalam sholat maupun di luar sholat.

Ayat sajdah dapat dijumpai di surat Ar-Ra’d ayat 13, Maryam ayat 58, Al A’raf ayat 206, Al Hajj ayat 7 dan 18, dan Al Isra ayat 107.

Bacaan sujud tilawah "Sajada wajhi lilladzi kholaqohu, wa showwarohu, wa syaqqo sam'ahu, wa bashorohu bi khaulihi wa kuuwatihi fatabarakallahu ahsanul kholiqiin."


Rukun Sujud Tilawah

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa rukun dari sujud tilawah, antara lain:

1. Takbiratul ihram.
2. Sujud.
3. Salam setelah duduk.

Tata Cara Sujud Tilawah

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa tata cara dalam melakukan sujud tilawah, antara lain:

1. Di dalam Sholat

Saat kita sholat maka kita hendaknya langsung sujud tanpa melakukan rukuk dan i'tidal lebih dulu. Setelah membaca doa atau bacaan sujud tilawah selesai, sebaiknya kembali ke posisi berdiri seperti semula dan melanjutkan sholat.

2. Di Luar Sholat

Langsung bertakbir lalu sujud sebanyak satu kali, kemudian bertakbir lagi untuk bangun dari sujud. Bisa juga langsung sujud sebagaimana sujud dalam sholat tanpa didahului dengan takbir.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network