Jelaskan Pengertian Poster, Berikut Ciri-Ciri, Tujuan, Fungsi, Unsur, dan Jenis-jenisnya

"Sering menemui poster di tempat-tempat umum? Begini penjelasannya."

Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti sering menjumpai poster. Sebuah benda yang bertuliskan kalimat serta gambar ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada pembacanya.

Poster biasanya dipasang di tempat-tempat umum yang ramai dan strategis seperti, rumah sakit, jalan raya, sekolahan, mall dan lain sebagainya.

Akan tetapi, secara khusus tujuan poster dapat disesuaikan dengan kemauan atau kepentingan pembuatnya yang beragam, bisa karena tujuan komersial, informasi publik, tujuan kemanusiaan atau lainnya.

Seiring berkembangnya zaman, poster tidak hanya tersedia dalam bentuk cetak (hard) saja, tetapi juga dipasang di media online.

Apa Itu Poster?

Menurut Kementrian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud), Poster adalah media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun kombinasi antar keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada khalayak ramai.

Poster atau plakat juga adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar.

Pengaplikasiannya dengan cara ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dan dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin, poster juga bisa menjadi sarana untuk mempromosikan produk, jasa, kegiatan, seputar pendidikan dan lain-lain.

Poster biasanya dipasang ditempat-tempat umum yang dinilai strategis seperti sekolah, kantor, pasar, mall dan tempat-tempat keramaian lainnya. Informasi yang ada pada poster umumnya bersifat mengajak masyarakat.

Poster ini umumnya ditempel di dinding atau permukaan yang relatif datar ditempat-tempat umum yang ramai agar informasi dan pesan yang ada didalam poster tersebut bisa tersampaikan kepada masyarakat luas.

Fungsi Poster

Poster dipajang tentu memiliki fungsinya tersendiri. Bagi para pekerja di dunia periklanan maupun penggerak acara-acara tertentu mungkin tidak asing lagi dengan fungsi poster. Pada dasarnya poster merupakan sebuah media informasi bagi masyarakat.

Untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang fungsi poster, berikut adalah beberapa fungsi poster.

1. Sebagai Sarana Menyampaikan Pesan

Fungsi poster yang utama adalah untuk menyampaikan sebuah pesan atau informasi kepada masyarakat luas.

2. Sebagai Ilustrasi

Poster memiliki fungsi sebagai sebuah ilustrasi berbagai hal. Jika Anda memiliki sebuah bisnis, atau memiliki sebuah acara maka ilustrasi dalam poster sangat berguna untuk memperkenalkan produk kalian kepada masyarakat luas.

3. Sebagai Penarik Perhatian

Poster juga memiliki fungsi sebagai penarik perhatian masyarakat. Meski tetap pada fungsi utama yaitu menyampaikan informasi, namun konten yang ditampilkan pada poster juga harus dapat menarik perhatian masyarakat.

Ciri-Ciri Poster

Untuk mengetahui lebih detail tentang poster, berikut ini ciri-cirinya:

 Langsung menarik perhatian orang yang melihat.
 Didesain atau ditulis di atas sebuah kertas atau kain.
 Terdiri dari huruf, angka, simbol, gambar yang dikombinasikan.
 Isi kalimat yang tidak bertele-tele.
 Menggunakan gambar, sketsa atau lukisan dan perpaduan warna yang mencolok agar lebih terlihat orang.
 Menggunakan bahasa yang padat, singkat, jelas dan mudah dipahami.
 Mengandung kalimat-kalimat persuasif atau bersifat ajakan.
 Dapat meninggalkan kesan, meski tidak dibaca dengan seksama.
 Dipasang pada permukaan yang rata dan di lokasi yang strategis atau di tempat umum.

Unsur-Unsur Poster

Mengkutip dari Buku Tematik Kelas 6 Tema 6, berikut unsur-unsur yang perlu diketahui ketika membuat poster.

1) Judul

Judul poster harus singkat, padat, dan jelas. Judul poster harus mencakup keseluruhan isi poster. Selain itu, perhatikan juga ukuran huruf yang digunakan dalam membuat poster.

Judul tidak boleh terlalu kecil, karena itu bisa menyulitkan pembaca bahkan membuat mereka malas. Judul poster sebaiknya bisa terbaca dari jarak sekitar 2 meter.

2) Informasi (Isi)

Isi poster harus berisi penjelasan tentang judul poster. Isi poster sebaiknya dibuat dalam bentuk poin-poin sehingga lebih efektif dan efisien. Yang terpenting, isi poster dapat terbaca setidaknya dari jarak sekitar 1 meter.

3) Gambar

Gambar yang ada di poster harus dibuat semenarik mungkin. Tak hanya itu, gambar juga harus dapat memperjelas isi poster. Buatlah gambar yang sesuai dengan judul poster. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar gambar poster sesuai dan dapat memperjelas isi poster.

4) Sumber (Daftar Pustaka)

Informasi dan gambar yang digunakan dalam pembuatan poster dapat berasal dari berbagai sumber. Sumber-sumber tersebut dapat berasal dari buku atau internet. Pada bagian sumber (daftar pustaka) ini, cantumkanlah sumber-sumber pustaka dari isi dan gambar yang digunakan dalam poster.

Jenis-Jenis Poster

Poster sendiri memiliki beberapa jenis, berikut daftar dan penjabarannya:

1. Poster Niaga

Poster Niaga dibuat untuk menawarkan sebuah barang atau jasa dalam segala perniagaan. Biasanya, poster ini dibuat di media komunikasi. Contoh, poster kuliner yang baru dibuka ataupun sedang ada promo

2. Poster Kegiatan

Dari namanya, poster ini dibuat untuk memberi informasi kepada masyarakat tentang suatu kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Contoh, poster konser musik yang berisikan penampil atau penyanyi, waktu, tempat, dan keterangan harga tiket

3. Poster Pendidikan

Poster pendidikan berisi segala hal tentang penjelasan atau pengarahan yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Tentu, poster ini banyak kita temui di sekolahan. Contoh, poster pendidikan bertuliskan "Ilmu dan pengetahuan yang diamalkan adalah harta yang paling mulia".

4. Poster Layanan Masyarakat

Poster jenis ini dibuat untuk memberikan informasi atau arahan kepada masyarakat seputar pelayanan masyarakat. Contoh, poster tentang pentingnya Vaksin Covid-19.

5. Poster Propaganda

Poster propaganda adalah poster yang memiliki tujuan untuk mengembalikan semangat pembaca atas perjuangan atau usaha seseorang dalam melakukan hal yang bermanfaat bagi kehidupan.

6. Poster Penerangan

Poster jenis ini dibuat dengan tujuan untuk meminta masyarakat melakukan sesuatu yang dihimbau oleh pemerintah. Contohnya, poster untuk menjauhi narkoba dan obat-obatan terlarang.

7. Poster Afirmasi

Poster ini sangat menarik karena dibuat dengan tujuan untuk memberikan motivasi kepada pembacanya. Contoh, poster motivasi agar kuat saat gagal dengan tulisan "kegagalan adalah hal biasa, hal yang luar biasa adalah jalani sebaik yang kita bisa".

8. Poster Kampanye

Sudah jelas, poster ini dibuat oleh sekelompok orang ketika hendak dilakukan pemilihan umum untuk menarik simpati dari masyarakat. Contoh, poster bergambar calon pejabat politik dengan tulisan berisi 'janji-janji' kepada masyarakat.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network