Jelaskan Pengertian Iman Kepada Kitab Allah SWT, Berikut Macam-Macam dan Cara Menerapkannya

"Mari Belajar Mengimani Kitab-Kitab Allah SWT Supaya Kita Menjadi Muslim yang Lebih Baik."

Edukasi | 19 August 2022, 04:23
Jelaskan Pengertian Iman Kepada Kitab Allah SWT, Berikut Macam-Macam dan Cara Menerapkannya

TamanPendidikan.com - Agama Islam adalah agama yang pemeluknya paling banyak di Indonesia. Di dalam Islam, ada 6 iman yang semestinya sudah diketahui oleh umat muslim, yaitu iman kepada Allah, malaikat-malaikat Allah, kitab-kitab Allah, Iman kepada Nabi dan Rasul, kepada hari akhir, dan kepada qada' serta qadar.

Nah, bagi kalian yang belum terlalu paham dengan iman kepada kitab-kitab Allah. Berikut ini penjelasannya agar kalian menjadi seorang muslim yang lebih baik lagi.

Pengertian Iman Kepada Kitab Allah SWT

Menurut bahasa, iman adalah percaya atau membenarkan. Menurut istilah, iman adalah kepercayaan yang diyakini kebenarannya dalam hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan perbuatan.

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa iman kepada kitab-kitab Allah SWT artinya percaya dan meyakini bahwa Allah swt mempunyai kitab yang telah diturunkan kepada para rasul-Nya agar menjadi pedoman hidup bagi umatnya.

Hukum beriman kepada kitab-kitab Allah swt adalah fardhu’ain (wajib bagi setiap orang yang beragama Islam). Muslim (Orang Islam) yang tidak mempercayai adanya kitab-kitab Allah swt maka dinamakan murtad (keluar dari ajaran Islam).

Beriman kepada kitab Allah swt merupakan rukun iman yang ketiga. Mengimani kitab Allah SWT berarti kita harus mempercayai dan mengamalkan segala sesuatu yang terkandung di dalam kitab tersebut.

Iman terhadap kitab Allah SWT merupakan salah satu landasan agama kita. Allah berfirman yang artinya:

“Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan. Akan tetapi, sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman dengan Allah swt, hari Kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi.” (QS. Al-Baqarah: 177).

Untuk menjadi seorang muslim yang lebih baik lagi, maka muslim bisa mengimani kitab-kitab Allah SWT dan dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari dengan cara ini:

1. Meyakini Kebenaran Isi Alquran Dengan Sepenuh Hati.

Artinya, seorang muslim wajib percaya bahwa semua yang terjadi di dunia ini semua karena kehendak Allah SWT. Tentu, ini adalah yang terbaik buat yang menerimanya.

2. Berperilaku Dan Beribadah Sesuai Dengan Tuntunan Yang Telah Tertuang Dalam Alquran Dan Hadits.

Pada poin ini, seorang muslim seharusnya melakukan semua yang diperintahkan Allah SWT. Contoh sholat, puasa, zakat, sedekah dan lain sebagainya.

3. Bertauhid Kepada Allah SWT Dan Menjauhi Perbuatan Syirik.

Seorang muslim tidak boleh meminta apapun selain kepada Allah SWT. Karena, Allah adalah sebaik-baiknya pencipta, dan pembuat keputusan. Hal ini perlu ditanamkan ke dalam benak seorang muslim untuk menghindari terjadinya kesyirikan.

4. Menumbuhkan Rasa Toleransi Dengan Saling Menghormati Pemeluk Agama Lain Dan Tidak Memaksakan Agama Kepada Orang Lain.

Poin ini sangat berhubungan dengan umat muslim yang ada di Indonesia, mengingat kita hidup berdampingan secara langsung dengan umat agama lainnya seperti kristen, hindhu, budha dll.

Akan sangat indah apabila kita saling menghargai satu sama lain, dalam artian tidak saling mengolok-olok dan saling membantu untuk kesejahteraan kita bersama.

Adapun beberapa kitab suci yang diturunkan Allah SWT kepada para rasul-Nya, antara lain adalah:

1. Kitab Taurat yang disampaikan kepada Nabi Musa AS.

2. Kitab Zabur yang disampaikan kepada Nabi Daud AS.

3. Kitab Injil yang disampaikan kepada Nabi Isa AS.

4. Kitab Al-Qur'an disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW.

Itulah tadi pembahasan mengenai iman kepada kitab-kitab Allah SWT. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian sebagai umat muslim.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network