Apakah iPhone 16 benar-benar lebih mudah diperbaiki?

"Apple mengumumkan bahwa iPhone 16 dirancang untuk lebih mudah diperbaiki, meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi."

Apakah iPhone 16 benar-benar lebih mudah diperbaiki?

Daftar Isi

Perubahan pada iPhone 16

Apple baru saja mengonfirmasi bahwa iPhone 16 telah mengalami beberapa perubahan signifikan yang membuatnya lebih mudah untuk diperbaiki. Dengan desain yang lebih ramah pengguna, Apple berharap pemilik iPhone 16 dapat melakukan perbaikan dengan lebih cepat dan efisien.

Baterai yang Lebih Mudah Diperbaiki

Salah satu perubahan paling mencolok adalah penggunaan perekat jenis baru pada baterai iPhone 16 dan iPhone 16 Plus. Alih-alih menggunakan tab tarik, baterai kini dapat dipanaskan menggunakan sel 9V untuk memudahkan penggantian. Ini adalah langkah besar menuju perbaikan yang lebih aman dan cepat, meskipun sayangnya, perubahan ini tidak diterapkan pada iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max.

Kamera TrueDepth yang Dapat Dikonfigurasi

Apple juga telah membuat langkah maju dengan kamera TrueDepth yang digunakan untuk Face ID. Kini, kamera ini dapat ditukar antara unit iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max. Sebelumnya, hal ini tidak mungkin dilakukan, sehingga memudahkan teknisi dalam melakukan perbaikan.

Pemindai LiDAR yang Dapat Diperbaiki

Selain itu, pemindai LiDAR pada iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max kini dapat diganti dengan unit dari ponsel lain saat melakukan servis sistem kamera belakang. Ini adalah perubahan besar, mengingat sebelumnya jika pemindai LiDAR rusak, pengguna harus mengganti seluruh sistem kamera.

Fitur Repair Assistant di iOS 18

Dengan hadirnya fitur Repair Assistant di iOS 18, bengkel dan pengguna DIY kini dapat mengonfigurasi suku cadang tanpa harus menghubungi Apple. Misalnya, jika baterai iPhone kamu diganti dengan baterai pihak ketiga, Repair Assistant memungkinkan kamu untuk mengonfigurasinya agar berfungsi seperti suku cadang asli.

Jika layar iPhone kamu juga diganti, Repair Assistant memastikan bahwa layar baru berfungsi dengan baik dengan fitur iOS seperti True Tone dan Night Shift. Ini memberikan transparansi dan kontrol lebih bagi pengguna mengenai suku cadang yang digunakan.

Sejarah Perbaikan iPhone

Meski Apple telah membuat kemajuan, perusahaan ini memiliki sejarah merancang perangkat yang sulit diperbaiki. iFixit, sebuah organisasi yang menguji kemampuan perbaikan perangkat, memberi iPhone 15 skor rendah 4 dari 10. Apple telah berusaha untuk memperbaiki citra ini dengan meluncurkan Program Perbaikan Mandiri dan mendesain ulang iPhone agar lebih mudah diakses.

Namun, beberapa masalah masih ada, seperti akses terbatas ke suku cadang dan biaya penggantian baterai yang tinggi. Meskipun ada kemajuan, tantangan dalam perbaikan iPhone masih menjadi perhatian bagi banyak pengguna.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network